Selasa, 14 Februari 2012

PROFIL MADRASAH

PROFIL MADRASAH

MTs. Madarijul Huda Kembag berdiri pada tahun 1960 gedung ini didirikan ditas tanah wakaf seluas kurang lebuh 1080m2 asal dari KH. Hasbullah, madarasah ini berada dibawah naugnan YAYASAN PENGEMBANGAN 
pada mulanya dipimpin oleh para kyai 
antara lain  KH. Hasbullah dan KH. Syairozi.

SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH

    Dari bulan kebulan dari tahun ketahun Madrasah Ibtidaiyah Madrasah Madarijul Huda Kembang Kecamatan Dukuhseti Pati semakin berkembang dan berkembang pesat tepatnya pada tahun 60-an. Masyarakat desa kembang tverus menerus merasa gelisah dan betul – betul resah memikirkan perkembangan siswa MI terutama siswa yang telah tamat belajar kelas VI Ibtidaiyah lalu ditampung di sekolah mana ? karena mayoritas siswa MI tersebut terdiri dari pasangan suami istri yang berekonomi lemah dan benar – benar kurang mampu untuk meneruskan sekolah anaknya diluar desa kembang.
    Masyarakat Islam desa Kembang pada saat itu sering berkumpul di tempat – tempat tertentu dan juga berbicara masalah – masalah kaitannya dengan pendidikan. Mereka juga serinhg datang menghadap para kiyai juga para tokoh masyarakat desa Kembang seraya berkata, “ Bagaimana supaya langkah dinamika pembangunan kita ini berhasil, “ dan benar – benar nantinya bisa menampung dan membina semua siswa MI yang telah tamat belajar kelas VI Ibtidaiyah.
    Saat itu pula para kyai bersama –sama para tokoh masyarakat desa Kembang secara serentak berpendapat dan benar – benar terketuk hayinya untuk menanggapi pendapat atau permintaan para masyarakat dan juga para santri untuk membangun sebuah sekolah atau gedung MTs. Atau Tsanawiyah yang sekiranya bisa menampung siswa yang baru tamat belajar kelas VI MI.
    Sekitar tahun 60-an itu para kyai dan para tokoh masyarakat mengadakan musyswarah mufakat untuk merencanakan pembangunan sebuah gedung MTs. Musyawarah singkat yang dipimpin para kyai , antara lain KH. Hasbullah, KH. Syaerozi, KH. Abdul Karim, beliau ini telah setuju diadakannya pembangunan sebuah gedung tersebut, dan semua keluarganya juga telah setuju.
    Namun sebuah gedung yang direncanakan itu dibangun, pendapat para tokoh masyarakat dan didukung para santri, untuk penampungan sementara dari siswa kelas VI MI, agar ditampung sementara di gedung MI, walaupun masuk sore.
    Beberapa tahun yang lalu, tepatnya tahun 1960 s/d 1963, keberadaan Madrasah Tsyanawiyah sementara masih masuk sore. Tetapi dengan waktu yang tak lama lagi, dengan dukungan masyarakat yang menggebu – gebu, maka berhasil cita – cita tinggi untuk mendirikan suatu gedung MTs, yang berdiri di atas tanah wakaf seluas + 1080 M2, asal dari KH. Hasbullah Kembang Dukuhseti Kabupaten Pati.

Artikel Terkait