Kamis, 05 April 2012

MUATAN KURIKULUM


A.     MUATAN KURIKULUM

Berdasarkan standar isi yang dikembangkan oleh BNSP, kebijakan Kanwil Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah,Kebijakan Kandepag Kabupaten Pati dan hasil rapat internal komite madrasah, maka mata pelajaran  yang dikembangkan oleh MTs. Madarijul Huda Kembang di deskripsikan sebagai berikut :
1.       Komponen Mata Pelajaran
a.       Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam yang di kembangkan di MTs. Madarijul Huda Kembang meliputi sub mata pelajaran :

1.      Al – Qur’an Hadits 
Mata pelajaran Al – Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiah Madarijul Huda Kembang bertujuan untuk memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis, membiasakan dan menggemari Al – Qur’an dan Hadits serta menanamkan pengertian, pemaham, penghayatan isi kandungan ayat – ayat Al – Qur’an – Hadits untuk mendorong, membina dan membimbing akhlak dan perilaku peserta didik agar berpedoman kepada dan sesuai dengan isi kandungan ayat – ayat Al – Qur’an dan Hadits.


Ruang lingkup dari mata pelajaran ini meliputi :
a.       Pengetahuan dasar membaca, menulis dan menterjemahkan Al-Qur’an.
b.      Hafal ayat – ayat dari surat yang ditentukan.
c.       Pemahaman kandungan ayat – ayat dari surat yang ditentukan.
d.      Hadits – hadits tentang kebersihan, niat, menghormati orang tua, persaudaraan, silaturrahmi, taqwa, menyayangi anak yatim, sholat berjamaah, ciri – ciri orang munafiq dan amal sholeh.
2.      Aqidah Akhlak
Mata Pelajaran ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujudkan dalam akhlaknya yang terpuji, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengalaman serta pengalaman peserta didik tentang aqidah dan akhlak Islam.
Ruang lingkup dari mata pelajaran ini meliputi :
a.       Aspek keimanan
b.      Aspek Akhlak
c.       Aspek Kisah Keteladanan
3.      Fiqih
Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat mengetahui dan memahami pokok – pokok hukum Islam secara terperinci dan menyeluruh, baik berupa dalil naqli dan aqli, serta melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar.
Ruang lingkup dari mata pelajaran ini meliputi :
Keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara :
-          Hubungan manusia dengan Allah SWT
-          Hubungan Manusia dengan sesama manusia, dan
-          Hubungan manusia dengan alam lingkungan

4.      Sejarah Kebudayaan Islam
Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan Islam, mendorong peserta didik untuk mengambil ibrah, nilai dan makna yang terdapat dalam sejarah serta menanamkan penghayatan dan kemauan yang kuat untuk berakhak mulia berdasarkan cermatan atas fakta sejarah yang ada.
Ruang lingkup dari mata pelajaran ini meliputi :
Pengkajian Sejarah Arab pra-Islam, Sejarah Rasulullah SAW dan Al-Khulafaur Rosyidin.
b.      Pendidikan Kewarganegaraan
Mata pelajaran ini bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berfikir secara kritis, rasional dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi secara aktif dan bertanggungjawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan masyarakat, berbangsa dan bernegara, serta anti korupsi, membentuk diri berdasarkan karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa – bangsa lainnya, dan berinteraksi dengan bangsa – bangsa lain dalam percaturan dunia.
Ruang lingkup mata pelajaran  ini meliputi aspek–aspek sebagai berikut:
1.     Persatuan dan Kesatuan Bangsa
2.     Norma, Hukum dan Peraturan
3.     Hak Asasi Manusia
4.     Kebutuhan Warga Negara
5.     Konstitusi Negara
6.     Kekuasaan dan Politik
7.     Pancasila
8.     Globalisasi

c.       Bahasa Indonesia
Mata Pelajaran ini bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomukasi secara efektif dan efesien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis, memahami bahasa Indonesia dan menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial, memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa dan menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang lingkup mata pelajaran ini mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek – aspek sebagai berikut :
    1. Mendengarkan
    2. Bebicara
    3. Membaca
    4. Menulis

d.       Bahasa Arab
Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam bahasa tersebut, dalam bentuk lisan dan tulis, memanfaatkan Bahasa Arab untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber – sumber ajaran Islam dan mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya.
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Arab meliputi :
1.       Kemampuan berkomukasi yang meliputi mendengar (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (khitabah).
2.       Kemampuan gramatika (Nahwu dan Shorof)
e.       Matematika
Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau logaritma, secara luwes, akurat, efesien dan tepat, dalam pemecahan masalah, menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam meyusun generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika, memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, meyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh serta mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
Ruang lingkup Mata Pelajaran Matematika meliputi aspek – aspek sebagai berikut :
1.      Bilangan
2.      Geometri dan pengukuran
3.      Pengelolaan data
f.        Ilmu Pengetahuan Alam
Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep – konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari, mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat, mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Ruang lingkup bahan kajian IPA meliputi aspek – aspek sebagai berikut :
1.      Makhluk hidup dan proses kehidupan
2.      Benda/Materi, sifat – sifat dan keguanaannya
3.      Energi dan perubahannya
4.      Bumi dan alam semesta
g.      Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran ini bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan mengenal konsep – konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya, memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memcahkan masalah , dan ketrampilan dalam kehidupan sosial dan memiliki kemampuan berkomukasi, bekerja sama.
h.       Seni Khot/Kaligrafi
                  Tujuan è untuk melatih dan membekali siswa dalam keterampilan menulis halus dan atau kaligrafi Arab sehingga dapat dikembangkan dan diekspresikan sesuai kebutuhan, bakat, dan minat peserta didik di masa – masa mendatang.
Ruang Lingkup :
a.            Menulis Khot Naskhi.
b.            Menulis Khot Riq’ah.
c.             Menulis Khot Tsuluts.
d.           Menulis Khot Farisi.
e.            Menulis Khot Diwani/Diwani Jali.
Alasan pemilihan mata pelajaran  Kaligrafi ini adalah :
a.            Mengingat begitu pentingnya menulis Arab secara jelas dan baik bagi peserta didik yang ada di Madrasah.
b.            Khot/Kaligrafi dapat menunjang ekspresi dan kreativitas siswa pada aspek seni rupa Islam.
Memberikan peluang dikembangkannya profesionalisme seni tulis Arab di kehidupan mendatang bagi peserta didik.
 
2. Komponen Muatan Lokal
a.      Mekanisme pemilihan komponen muatan lokal
            Pada dasarnya pengembangan muatan lokal di MTs. Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati ini diambil berdasarkan kebijakan Madrasah dan Masyarakat melalui hasil rapat Pengurus Yayasan/Komite Madrasah dengan merujuk pada kebijakan Gubernur Jawa Tengah dan kebijakan Depag Kabupaten Pati. Sedangkan inti dari muatan lokal ini dimaksudkan untuk memberikan nuansa ciri khas madrasah dan keunggulan lokal pada masing – masing daerah sehingga tercipta iklim kompetitif dunia pendidikan .
b.      Jenis – jenis mata pelajaran muatan lokal
1.      Akhlak Salafi
1a. Fathul Majid (فتح المجيد )
Tujuan è untuk menanamkan dasar – dasar pengertian pemahaman dan penghayatan terhadap sifat – sifat Allah SWT dan Rasul-Nya sehingga dapat diperoleh penambahan kekuatan keimanan dan ketaqwaan.
Ruang lingkup :
a.      Dasar – dasar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
b.      Dasar – dasar aqidah Islamiyah.
c.       Pembahasan sifat – sifat Allah dan Rasulnya.
Alasan pemilihan mata pelajaran Fathul Majid ini adalah :
a.      Pengenalan terhadap dasar – dasar aqidah Islam sangat penting ditanamkan sejak dini pada peserta didik .
b.      Pengembangan dasar – dasar keimanan dan ketaqwaan sangat penting bagi bekal kehidupan peserta didik.
Jati diri nilai – nilai keislaman sangat perlu dimunculkan ditengah maraknya proses dekadensi moral di zaman yang semakin terpuruk ini .

1b. Tafsir (تفسير الابريز)
Tujuan è untuk mengembangkan ketrampilan membaca, menulis, dan menerjemahkan Al-Qur’an serta menamkan pengertian, pemahaman dan penghayatan isi kandungan ayat – ayat Al-Qur’an.
Ruang Lingkup :
a.      Aspek menulis
b.      Aspek membaca
c.       Aspek menerjemah
Alasan pemilihan mata pelajaran Tafsir :
a.      Al-Qur’an sebagai sumber hukum Islam sangat penting dipelajari oleh generasi umat Islam sejak dini.
b.      Pembiasaan menulis, membaca dan menterjemah ayat – ayat Al-Qur’an secara benar sangat penting dalam keseharian peserta didik.
Pengenalan pada prinsip dasar pemahaman isi kandungan ayat – ayat Al-Qur’an sangat penting untuk bekal kehidupan peserta didik dalam masyarakat.
1c. Ta’limul muta’allim (تعليم المتعلم )
Tujuan è untuk menumbuh kembangkan etika peserta didik yang diwujudkan melalui tindak-tutur yang berdasarkan akhlak terpuji serta membiasakannya dalam kehidupan keseharian peserta didik baik di dalam maupun di luar lingkungan madrasah.
Ruang Lingkup :
a.      Aspek perilaku/perbuatan
b.      Aspek perkataan/tutur kata
Alasan pemilihan mata pelajaran Ta’limul Muta’alllim adalah :
a.        Fundamen mental adalah begitu penting bagi peserta didik dalam menjalankan kehidupan kesehariannya.
b.       Unsur utama dari ajaran agama Islam adalah Akhlak terpuji, dan ini penting diberikan kepada peserta didik sejak awal.
Mengingat tata pergaulan sosial yang dewasa ini semakin melunturkan akhlakul karimah, maka dipandang sangat perlu mempelajari secara kontekstual kitab Ta’limul Muta’allim ini.

2.      Qowa’id (نحو – صرف  )
            Tujuan è untuk membekali peserta didik dalam memahami struktur kalimat dan asal kata serta mengembangkannya dalam menyusun kalimat – kalimat sederhana yang dapat dipahami.

Ruang Lingkup :
a.      Qiyas kalimat
b.      Kata dasar
c.       I’rab

Alasan pemilihan mata pelajaran  Nahwu – Shorof ini adalah :
a.      Nahwu/Shorof sebagai Ilmu alat dalam tata Bahasa Arab sangat penting diberikan kepada peserta didik dalam menunjang pengenalan dan pemahaman terhadap pembelajaran kitab – kitab salaf.
Nahwu/Shorof sangat berguna untuk menyusun kalimat secara benar dan mengembangkannya dalam bentuk praktis percakapan Bahasa Arab dalam konteks bahasa keseharian.

3.      Hadits Salafi
3a. Bulughul Marom (بلوغ المرام )
            Tujuan è untuk memberikan dasar – dasar pengetahuan dan pemahamn tentang hukum – hukum Islam yang bersumber dari Hadits Rasulullah SAW.
Ruang Lingkup :
a.      Pengenalan syari’at dan hukum Islam melaui Hadits – Hadits Rasulullah SAW.
b.      Dasar – dasar pemahaman isi dan kandungan Hadits – Hadits Nabi Muhammad SAW.
c.       Aspek menulis, membaca dan menterjemah/memberi makna.
Alasan pemilihan mata pelajaran Bulughul Marom :
a.      Mempelajari Hadits sebagai sumber hukum kedua setelah Al-Qur’an sangat penting bagi peserta didik.
b.      Pengenalan dan pemahaman tentang hukum Islam dan sumbernya perlu diberikan sejak dini kepada peserta didik.
c.       Sangat penting untuk menumbuh kembangkan budaya baca tulis, menterjemah, menghafal dan memahami Hadits – Hadits Rasulullah SAW.
                        3b. Matan Takrib (متن التقريب )
Tujuan è untuk membekali peserta didik agar dapat mengetahui dan memahami pokok – pokok hukum Islam secara terperinci dan menyeluruh melalui pemahaman kitab salaf serta mengamalkan ajaran Islam sesuai dengan ketentuan hukum secara benar.
Ruang Lingkup :

a.            Hubungan manusia dengan Allah SWT.
b.            Hubungan manusia dengan sesama manusia.
c.             Hubungan manusia dengan alam lingkungan.

Alasan pemilihan mata pelajaran  Matan Takrib ini adalah :
Dasar – dasar hubungan manusia secara vertikal antara makhluk dengan Allah dan horizontal antara sesama makhluk adalah sangat penting diajarkan kepada peserta didik.
Sangat perlu memberikan pengertian, pemahaman dan keterampilan beribadah secara baik dan benar kepada peserta didik sejak dini.

4.      Bahasa Jawa
            Tujuan è mengembangkan apresiasi terhadap bahasa dan budaya Jawa Tengah, mengenalkan identitas masyarakat Jawa Tengah dan menanamkan keciantaan pada bahasa dan budaya Jawa Tengah.

Ruang Lingkup :
a.      Kemampuan berkomunikasi yang meliputi mendengarkan, membaca dan menulis dalam Bahasa Jawa
b.      Kemampuan menulis huruf – huruf Jawa

Alasan pemilihan mata pelajaran  Bahasa Jawa ini adalah :
a.      Membiasakan peserta didik untuk menggunakan Bahasa Jawa yang benar dalam berbagai konteks sangat penting diberikan sejak awal.
b.      Melestarikan Budaya Jawa menjadi bagian tak terelakkan mengingat konteks sosial masyarakat Jawa itu sendiri.
c.       Sangat perlu menanamkan kecintaan dan rasa memiliki budaya Jawa bagi peserta didik.

Artikel Terkait